PENGARUH METODE KETELADANAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP KARAKTERISTIK RELIGIUS SISWA MIN 1 BENGKALIS
Abstract
Pada penelitian ini dengan judul Pengaruh metode keteladanan guru akidah akhlak karakter terhadap religius siswa di MIN 1 Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode keteladann guru akidah akhlak terhadap karakter religius siswa, kedua untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode keteladann guru akidah akhlak terhadap karakter religius siswa di MIN 1 Bengkalis. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode keteladanan guru akidah akhlak terhadap karakter religius siswadi MIN 1 Bengkalis, kedua apakah ada pengaruh metode keteladanan guru akidah akhlak terhadap karakter religius siswa di MIN 1 Bengkalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2024 dengan lokasi penelitian yaitu MIN 1 Bengkalis. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket/kiesioner dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 217 siswa MIN 1 Bengkalis dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 43 siswa MIN 1 Bengkalis.
Berdasarkan nilai persentase dari hasil penelitian yang diolah untuk mendapatkan nilai rata-ratanya, diperoleh hasil persentase sebesar 78,49% dan dapat disimpulkan bahwa Metode keteladanan guru ini termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil uji korelasi product moment (pearson) yang menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 Yang artinya hipotesi Ho ditolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yan signifikan antara metode keteladana guru akidah akhlak terhadap karakter religius siswa di MIN 1 Bengkalis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Asbari, Masduki. “Madrasah Diniyyah Takmiliyah: Pilar Pendidikan Karakter di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis 1, no. 02 (23 Juli 2024): 10–14. https://doi.org/10.70508/4dznk410.
Awaliyah, Mursyidatul, Mardiana Mardiana, dan Ahmad Muhaimin. “PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF HADITS.” Tarbawi 12, no. 01 (26 Agustus 2024): 53. https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i01.113.
Febrianti, Cindy. “STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 4, no. 2 (28 November 2023): 99–111. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v4i2.757.
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79–90. https://doi.org/10.17509/tk.v17i2.43562.
Harmita, Dwi, Deka Nurbika, dan Asiyah Asiyah. “Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 5, no. 1 (2022): 114–22.
Hatmoko, Jefri Hendri. “Survei minat dan motivasi siswa putri terhadap mata pelajaran penjasorkes di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013.” ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 4, no. 4 (2015). https://doi.org/10.15294/active.v4i4.4855.
Hendriana, Evinna Cinda, dan Arnold Jacobus. “Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (2017): 25–29.
Irhamna, Irhamna, dan Sigit Purnama. “Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas.” Jurnal Pendidikan Anak 11, no. 1 (27 Mei 2022): 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688.
Khaidir, Khaidir. “MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KETELADANAN GURU TERHADAP SISWA SD NEGERI BAMBONG.” Dalam PROCEEDING UMSURABAYA. Surabaya: UM Surabaya, 2020.
Khoiruddin, M Arif. “Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (2018): 425–38.
Laili, Rahmatul, Putri Adona, dan Rifka Haida Rahma. “KETELADANAN KHULAFAURRASYIDIN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM: STUDI ANALISIS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH.” Jurnal Ilmiah al-Furqan : al-Qur’an, Bahasa, dan Seni 11, no. 1 (30 Juni 2014): 44–55. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v11i1.114.
Munawir, Munawir, Melinda Putri, dan Ulfa Shafira Putri Diasti. “Urgensi Pendidikan Akidah Akhlak di Era Globalisasi.” Jurnal Basicedu 8, no. 2 (9 Mei 2024): 1402–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7269.
Muslim, Ahmad. “TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN ESENSIALISME DALAM PENDIDIKAN KARAKTER.” Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan 5, no. 2 (10 Oktober 2020). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359.
Nurjanah, Sofia Siti, Peni Oktaviani, Deden Saeful Rahman, dan Afif Nurseha. “Konsep Keteladanan Nabi dalam Pembentukan Akidah Akhlak Anak Tingkat Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13319.
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (9 Oktober 2021): 4331–40. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565.
Pradana, Fransiska Ayuka Putri, dan Mawardi Mawardi. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD.” FONDATIA 5, no. 1 (30 Maret 2021): 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090.
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo, Muhamad Suyudi, Nasrul Wathon, dan Madrasah Aliyah Al-Falah Karangrejo Pacitan. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12, no. 2 (30 November 2020). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563.
Rahmawati, Riski, dan Shobihus Surur. “IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWAROH DIWEK JOMBANG.” Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa 2, no. 4 (2024): 634–45. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.330.
Reksamunandar, Rhyan Prayuddy, dan Hadirman Hadirman. “Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru.” CENDEKIA 14, no. 01 (2022): 27–38.
Renggo, Yuniarti Reny. “Populasi Dan Sampel Kuantitatif.” Dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, Vol. 43. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2022.
Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, dan Miptah Parid. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2 Januari 2023): 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274.
Sari, Aidah. “Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 02 (2017): 249–58.
Subhaktiyasa, Putu Gede. “Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 4 (19 November 2024): 2721–31. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657.
Suhada, Suhada, dan Ali Maulida. “Penerapan Metode Keteladanan Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Walidain Ciampea Bogor.” JIECO Journal of Islamic Education Counseling 4, no. 1 (2024): 32–41.
Syaikhu, Ach, dan Siska Eka Putri. “Penerapan Metode Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Tawadhu’ Siswa.” AS-SUNNIYYAH 3, no. 02 (31 Desember 2023): 43–49. https://doi.org/10.62097/assunniyyah.v3i02.1914.
Wibowo, Mas Teguh, dan Azizah Hanum Ok. “PENGARUH KETELADANAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 6, no. 2 (19 September 2023): 351. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2847.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i2.115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .