PELAKSANAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PAI-BP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPTENSI PROFESIONAL GURU PAI-BP TINGKAT SMA KABUPATEN BANJAR
Abstract
Abstract
The 2020 report by the Policy Research Center of the Book Research and Development Agency, Ministry of Education and Culture, highlights issues faced by MGMP, such as overly general programs and limited relevance to teachers' real challenges. Programs often focus on producing test indicators but fail to address specific problems encountered by MGMP members, both in urban and rural areas. Muhammad Khoirur Roziqin's article further reveals that the evaluation of MGMP PAI activities at the high school level shows inconsistent performance improvements. While some areas demonstrate positive progress, others remain stagnant. This study investigates the implementation of MGMP in enhancing the pedagogic and professional competence of PAI-BP teachers. The research aims to explore how MGMP contributes to improving teachers' skills and knowledge. Using a qualitative descriptive approach through field research, the study reveals that MGMP PAI-BP has been effective in fostering pedagogic competence. Key indicators include teachers' understanding of educational foundations, student comprehension, the application of dialogical and educational learning methods, integration of learning technology, and outcome evaluation. These findings suggest that MGMP plays a crucial role in developing PAI-BP teachers’ competencies, contributing to better learning processes and student development.
Keyword: Implementation; MGMP; Competenc; Pedagogical; Professional;
Abstrak
Laporan tahun 2020 dari Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Buku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyoroti masalah yang dihadapi MGMP, seperti program yang terlalu umum dan kurang relevan dengan tantangan nyata yang dihadapi guru. Program sering kali berfokus pada pembuatan indikator tes, namun tidak membahas permasalahan spesifik yang dialami anggota MGMP, baik di perkotaan maupun pedesaan. Artikel Muhammad Khoirur Roziqin juga menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan kegiatan MGMP PAI di tingkat sekolah menengah belum menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan. Meskipun di beberapa daerah terdapat kemajuan, di sebagian besar wilayah lainnya kondisi masih memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI-BP. Fokus penelitian adalah untuk memahami bagaimana MGMP berkontribusi dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan guru. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui penelitian lapangan, temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan MGMP PAI-BP efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Indikator utama meliputi pemahaman terhadap landasan pendidikan, pemahaman siswa, penerapan metode pembelajaran dialogis dan edukatif, integrasi teknologi pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa MGMP berperan penting dalam pengembangan kompetensi guru PAI-BP, sehingga berkontribusi pada peningkatan proses pembelajaran dan perkembangan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief. S. Sadiman dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, (Jakarta, Rajawali pers,2008
Asbari Humas Kemenag Banjar, Martapura Kota Serambi Mekkah dan kota Santri, Kalsek. Kemenag.go.id. Sabtu 02 Juli 2022.
Ballantine, Jeanne H. (1983). The Sociology of Education, A Systematic Analysis. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Covey, Stephen R. (1997). Principle Centered Leadership. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
DPD AGPAI, “Bimtek Pemanfaatan Canva dan Artificial Intelligence dalam Pembuatan Media Pembelajaran tahun 2024, 09-10 Januari 2024 di Aula Dinas Pendidikan kab. Banjar.
DPD AGPAI, “Seminar Sehari Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar”, pada Selasa, 19 Juli 2022 di Aula Dinas Pendidikan kab. Banjar.
Fatmawati. (2018). Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Sebagai Akses Meningkatkan Mutu Pendidikan Dalam Persaingan Dunia Pendidikan di Era Global. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 95–102
Firman. Peranan MGMP Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA di Kota Balikpapan. JURNAL SAINS TERAPAN NO. 1 VOL. 2 JUNI ISSN 2406 - 8810
Freire, Paulo. 2000. Pedagogy of the Heart. New York: The Continuum
Publishing Company.
Freire, Paulo. 2005. Pedagogy of the Oppressed. London-New York: The Continuum Publishing Company
Gafur, Abdul. Pengaruh Strategi Urutan Penyampaian, Umpan Balik, dan Keterampilan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Konsep.Jakarta: PAU – UT: 1987
Hidayati,Sri Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA, 1st ed. (Jakarta: kemendibud, 2020), 5.
Husna Amalia. Manajemen pengembangan musyawarah guru mata pelajaran (mgmp) sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional guru paiJurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan
Pemikiran Hukum Islam Vol. XI, No 1:132-147. September 2019. ISSN: 1978-4767 (Cetak), ISSN: 2549-4171(Online) Terakreditasi Nasional. SK. No.21/E/KPT/2018
Ida Umami. 2004.. Persepsi Peserta didik tentang Konsep dan Kegiatan Bimbingan dan Konseling. Padang Skolar Jurnal Pendidikan Volume 5, No. 2, Desember 2004.: PPS UNP.
Lubis, Husna. 2020. “Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Guru Di Masa Depan.” Jurnal Sintaksis 3 (04): 57–64. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/101
Marlina, L. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Pendidikan, Istinbath, 15(17), pp. 123–139
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2012
Nugroho, M. A. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 30. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.758
Pidarta, M. (1999). Studi tentang Landasan Kependidikan. Jurnal, Filsafat, Teori dan Praktik Kependidikan.
Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran; mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali Press
Shih, Yi-Huang. (2018). “Rethinking Paulo Freire’s Dialogic Pedagogy and Its Implication for Teachers’ Teaching”. Journal of Education and Learning. 7(4): 230-235
Suhar Simi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 1995
Sunardi, S., Sudjarwo, S., & Sumadi, S. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru Geografi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Bandar Lampung. Jurnal Studi Sosial, 3(1).
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i2.124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .