STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMNGELOLA KONFLIK DI PAUD IT QURATUL A`YUN DARUL HIJRAH MARTAPURA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola konflik di sekolah. Metode yang digunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan Bunda PAUD IT Quratul A`yun.
Hasil penelitian ini yaitu: sumber-sumber konflik berasal dari manusia, jenis-jenis konflik berasal dari 1) diri sendiri dengan kelompok, 2) sendiri dengan kelompok. 3) konflik antara dua individu atau lebih (konflik interpersonal).
Peran kepala sekolah dalam penanganan konflik Paud IT Quratul A`yun yaitu dengan cara perubahan struktur organisasi antara lain dengan penjabaran memakai strategi 1). Mediation penanganan konfik pertama, 2) Mediation penanganan konflik kedua, 3) tawar- menawar (Kompromi) penanganan konflik ketiga.
Hasil penelitian ini yaitu: sumber-sumber konflik berasal dari manusia, jenis-jenis konflik berasal dari 1) diri sendiri dengan kelompok, 2) sendiri dengan kelompok. 3) konflik antara dua individu atau lebih (konflik interpersonal).
Peran kepala sekolah dalam penanganan konflik Paud IT Quratul A`yun yaitu dengan cara perubahan struktur organisasi antara lain dengan penjabaran memakai strategi 1). Mediation penanganan konfik pertama, 2) Mediation penanganan konflik kedua, 3) tawar- menawar (Kompromi) penanganan konflik ketiga.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v8i01.16
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .