OPTIMALISASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN: STUDI KASUS DI PESANTREN PUTRI UMAR BIN KHATTAB BANJARMASIN

Adi Ansari

Abstract


Abstract

This research was motivated by the weak learning management at the tahfidzul qur'an boarding school in achieving the target of memorizing the Qur'an. The research approach uses a qualitative approach, with descriptive methods. Data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation then conclusion drawing. The results of this research are learning planning guided by the vision, mission, and graduation standards that have been set. organizing is carried out by appointing a senior ustadzah as the person in charge of the tahfiz Qur'an program whose job is to coordinate the halaqah ustadzah-ustadzah, the implementation of learning is carried out in the form of ziyadah deposits and murajaah deposits with different times, supervision of learning is supervised directly, through cctv. Once a month the report on the results of memorization is also submitted to the parents of the santriwati.

 

Keyword: Learning Management; Tahfiz Qur'an.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya manajemen pembelajaran pada pondok pesantren tahfidzul qur’an dalam mencapai target hafalan Al-Qur’an. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitan ini adalah perencanaan pembelajaran berpedoman pada visi, misi, dan standar kelulusan yang sudah di tetapkan. pengorganisasian dilaksanakan dengan menunjuk seorang ustadzah senior sebagai penanggung jawab program tahfiz Qur’an yang bertugas untuk mengkoordinir ustadzah-ustadzah halaqah, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk setoran ziyadah dan setoran murajaah dengan waktu yang berbeda, pengawasan pembelajaran diawasi melalui secara langsung, melalui cctv. Setiap satu bulan sekali laporan hasil hafalan tersebut juga disampaikan kepada orang tua santriwati.


Keywords


Manajemen Pembelajaran; Tahfiz Qur’an

Full Text:

PDF

References


Amadi, Aunur Shabur Maajid, dan Najih Anwar. “Ragam Pendekatan Dalam Supervisi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (11 Oktober 2023): 22026–33. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10022.

Ariani, Yulia Risna. “Pengaruh Reward dan Punishment Hafalan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Santri pada Rumah Tahfidz Az Zahra Banjarmasin.” Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2024. https://idr.uin-antasari.ac.id/27118/.

Arikunto, Suharsimi. Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Rineka Cipta. Vol. 16. Jakarta, 2002.

“awancara ustadzah Siska, guru kita al-Qur’an pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin, 01 Maret 2024.,” t.t.

Dreikurs, Rudolf. Psychology in the Classroom: A Manual for Teachers. Harper & Row, 1968.

Glatthorn, Allan A., Floyd Boschee, Bruce M. Whitehead, dan Bonni F. Boschee. Curriculum Leadership: Strategies for Development and Implementation. SAGE Publications, 2015.

Glickman, Carl D., Stephen P. Gordon, dan Jovita M. Ross-Gordon. SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Pearson/Allyn and Bacon, 2010.

Ikhwanuddin, Muhammad. “URGENSI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI MA’HAD TAHFIDZ AL-QURAN IHYAUL ULUM GRESIK.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1177–97. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i4.1714.

Ilhami, Muhammad Wahyu, Wiyanda Vera Nurfajriani, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, dan Muhammad Win Afgani. “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 9 (12 Mei 2024): 462–69. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129.

Ismael, Ismael, Muazza Muazza, dan Urip Sulistiyo. “Program Unggulan Sekolah Berbasis Islam: Analisis Manajemen Program Tahfiz Qur’an untuk Ketercapaian Target Hafalan.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2023): 272–85.

Kulsum, Umi, dan Budi Waluyo. “FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KINERJA GURU.” JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 02 (30 Oktober 2022). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/588.

“Lestari, D., Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak dan Solusi, Jurnal Psikologi Pendidikan, 2018.,” t.t.

Luthfia, Anisatul, dan Sunarto Sunarto. “Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam: Struktur Organisasi, Pembagian Tugas, Dan Koordinasi Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2025): 191–97. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1499.

Malahati, Fildza, Anelda Ultavia B, Putri Jannati, Qathrunnada Qathrunnada, dan Shaleh Shaleh. “KUALITATIF : MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENELITIAN SEBAGAI METODOLOGI.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR 11, no. 2 (31 Desember 2023): 341–48. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902.

Manaf, Sofwan, Nashiruddin Cholid, dan Nadia Rachmadianty. “Konsep Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Ghozali Curug Gunung Sindur Bogor.” Edukasiana: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2022): 55–62. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v1i2.14.

“Maulana, A., Kebutuhan Pendidikan Agama di Era Modernisasi, Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2021.,” t.t.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohedi. Jakarta: Universitas Indonesia – UI Press, 2007.

M.s, Farizal, Otong Surasman, dan Mega Nur Fadhilah. “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERATURAN PESANTREN TERHADAP PRESTASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN CIPONDOH TANGERANG.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 03 (2022): 482–90. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.332.

Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Kencana, t.t.

Nabilah, Masiika, Muhamad Lukman, dan Seli Pitriyani Hasanudin. “Penerapan Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada SMP YPI Darussalam.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen 4, no. 3 (13 Desember 2024): 247–50. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.45845.

“Nurhasanah, Manajemen Pembelajaran Tahfiz Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2020.,” t.t.

Nurhayati, Febria. “HOME-SCHOOL PARTNERSHIPS PADA SEKOLAH ISLAM UNGGUL (Studi Pada SDIT Nurul Fikri dan Al Firdaus).” Masters, Pascasarjana, 2022. https://idr.uin-antasari.ac.id/18722/.

Pangestuti, Fefty Diah Laily, dan Supriyanto Supriyanto. “Manajemen Pembelajaran Pada Kelas Kompetisi Di Sekolah Menengah Peertama Negeri 15 Surabaya.” Inspirasi Manajemen Pendidikan, 12 September 2022, 734–44.

Piaget, Jean. The Psychology of Intelligence. Routledge, 2003.

Qomariah, Rafi’atun Najah, Wa Muna, dan Mursyidatul Awaliyah. “SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PONDOK PESANTREN AL-FALAH BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN (INTEGRASI SEKOLAH DAN PESANTREN).” Tarbawi 9, no. 02 (30 Desember 2021): 28–46. https://doi.org/10.62748/tarbawi.v9i02.66.

Santoso, Wahyudi Taufan, Rita Dwi Nawanti, Shodiq Purnomo, Sutama, dan Achmad Fathoni. “Strategi Supervisi Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Era Digital 5.0.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (14 April 2024): 2657–64. https://doi.org/10.58230/27454312.603.

Silmi, Nizamuddin, Bambang Kurniawan, dan Muhamad Subhan. “PERENCANAAN DALAM ILMU PENGANTAR MANAJEMEN.” Journal of Student Research 2, no. 1 (3 Januari 2024): 106–20. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1899.

Simbolon, Nur Rafidah Mahdiyyah, Syahfitri Arika, Salsabila Nurfitriana, Sukma Widya Puspita, Baiyinah, Siti Wida Adawiyah, dan Dwi Meutia Hasni. “PERENCANAAN PEMBELAJARAN.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) 2, no. 2 (2025): 169–77. https://doi.org/10.62017/jppi.v2i2.3025.

Sundary, Retno. “Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo).” Diploma, IAIN Ponorogo, 2023. https://etheses.iainponorogo.ac.id/22348/.

Syahid, Akhmad, dan Ajeng Wahyuni. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar 5, no. 1 (26 Juni 2019): 87–96.

Tjabolo, Siti Asiah, dan Lian Gafar Otaya. “The Evaluation of Islamic Education Teachersâ€TM Performance.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (30 Juni 2019): 25–38. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.3627.

“Wahyuddin, Pergeseran Orientasi Pendidikan Islam pada Masyarakat Urban, Jurnal Pendidikan Islam, 2019.,” t.t.




DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v13i01.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id
 
Lisensi Creative Commons
TARBAWI Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .