Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab di MIN 9 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan guru mata pelajaran, kepala madrasah dan wakil kepala madrasah kurikulum untuk menggali data terkait penerapan literasi digital disekolah dan dalam pembelajaran bahasa arab. Dokumentasi untuk menganalisis sejauh mana penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: Penerapan literasi digital dalam pembelajaran bahasa arab di MIN 9 Banjar sejauh ini dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran bahasa arab dilakukan melalui aplikasi sosial media whatsapp. Guru memanfaatkan fitur yang dimiliki whatsapp seperti grup chat untuk mengirimkan materi pembelajaran dan evaluasi kepada murid, video call untuk menilai kemampuan berbahasa murid. Guru juga menggunakan aplikasi youtube dan kamus digital sebagai sumber belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v8i02.27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .