MANAJEMEN E-LEARNING MAHARAH AL-ISTIMA’ DI STIT DARUL HIJRAH MARTAPURA
Abstract
penelitian ini meneliti tentang Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura. Bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura dan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura, Adapun signifikansinya diharapkan dapat memberikan masukan bagi dosen dan mahasiswa dalam menjalankan tugasnya agar lebih efektif pada masa pandemic ini.
Subjek yang memberikan informasi dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa, focus dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura dan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura. Teknis pengumpulan data tersebut dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Hasil penelitian diperoleh temuan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura menggunakan aplikasi google classroom berjalan dengan lancar dan telah sesuai dengan pelaksanaan dan evaluasi yang digunakan oleh dosen maharah Al-Istima. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dirasakan dosen dan mahasiswa ketika menggunakan aplikasi ini. Adapun kelebihan menggunakan aplikasi google classroom dalam penelitian ini yaitu Proses pengaturan cepat, Sarana untuk membuat dan mengumpulkan tugas, Hemat ruang dan waktu, Meningkatkan disiplin mahasiswa, Meningkatkan kerjasama dan komunikasi kelas, Penyimpanan data terpusat, Terjangkau aman dan nyaman ,Tetap teratur. Kekurangan menggunakan aplikasi google classroom dalam penelitian ini adalah pembelajaran akan terganggu bila buruknya jaringan WiFi, Tidak ada sistem notification dari aplikasi google classroom, Hilang satu hilang seribu, Menuntut para mahasiswa untuk memiliki gawai yang canggih.
Subjek yang memberikan informasi dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa, focus dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura dan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura. Teknis pengumpulan data tersebut dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Hasil penelitian diperoleh temuan Manajemen e-learning maharah al-istima di STIT Darul Hijrah Martapura menggunakan aplikasi google classroom berjalan dengan lancar dan telah sesuai dengan pelaksanaan dan evaluasi yang digunakan oleh dosen maharah Al-Istima. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dirasakan dosen dan mahasiswa ketika menggunakan aplikasi ini. Adapun kelebihan menggunakan aplikasi google classroom dalam penelitian ini yaitu Proses pengaturan cepat, Sarana untuk membuat dan mengumpulkan tugas, Hemat ruang dan waktu, Meningkatkan disiplin mahasiswa, Meningkatkan kerjasama dan komunikasi kelas, Penyimpanan data terpusat, Terjangkau aman dan nyaman ,Tetap teratur. Kekurangan menggunakan aplikasi google classroom dalam penelitian ini adalah pembelajaran akan terganggu bila buruknya jaringan WiFi, Tidak ada sistem notification dari aplikasi google classroom, Hilang satu hilang seribu, Menuntut para mahasiswa untuk memiliki gawai yang canggih.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v8i02.30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .