INTEGRASI NILAI-NILAI HADIS DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA PENDIDIKAN MODERN

Azizah Pakaya, Nasrulloh Nasrulloh

Abstract


Abstract

Although learning technology has advanced, resulting in the widespread use of social media in learning, ethical aspects and religious values have not been fully internalized in the practice of using social media as a learning medium. In the context of modern education, characterized by technological advances and the flow of digital information, without a strong moral foundation, the risk of social media misuse and the loss of learning ethics can increase. This study uses a qualitative research method with a library research approach. The purpose of this study is to examine in depth the values of the Hadith that are relevant to the use of social media in modern education. It also examines the forms of social media that can be used in learning, especially in modern education. The results of this study indicate that the integration of Hadith values is a crucial part of social media use, and understanding social media platforms such as YouTube, TikTok, Instagram, and WhatsApp is crucial for learning, especially in today's modern education.

 

Abstrak

Meskipun teknologi pembelajaran telah berkembang, sehingga banyak menghasilkan media sosial yang digunakan dalam pembelajaran namun aspek etika dan nilai keagamaan belum sepenuhnya terinternalisasi dalam praktik penggunaan media sosial sebagai media belajar. Dalam konteks pendidikan modern yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan arus informasi digital, tanpa pijakan moral yang kuat, risiko penyalahgunaan media sosial dan hilangnya etika belajar bisa meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah secara mendalam nilai nilai hadis yang relevan dengan pemanfaatan media sosial dalam pendidikan modern. Serta bentuk media sosial seperti apa yang bisa digunakan dalam pembelajaran terutama di pendidikan modern. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi dari nilai-nilai hadis merupakan bagian yang terpenting dalam penggunaan media sosial dan menggetahui media sosial seperti youtube, tik-tok, instagram dan whatsapp merupakan yang bisa digunakan dalam pembelajaran terutama dalam ranah pendidikan modern saat ini.

Keywords


Hadith Values; Social Media; Modern Education;

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdurrahman. “Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam.” Adabuna 3 (2024): 102–13. https://doi.org/doi.org/10.38073/adabuna.

Alda, Muhamad, Fauzia Mahyarani, Ilham Prabowo, dkk. “PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 7 (2023): 218–21.

Annisa, Lesty Annatul, Diya Alya, dan Samsul Bahri. “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF.” MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK 2, no. 2 (2025): 15–22. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.3951.

Azizah, Melisa Nur, Nuruzzalfa Aini, Elan Herlangga, dan Andi Rosa. Telaah Etika Penyampaian Informasi Berdasarkan Hadis dalam Menanggulangi Hoaks di Masyarakat. 3 (2025). https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2644.

Centikaya, Murat. “A methodological approach to content analysis of qualitative data in science education : An applied example.” Pedagogical Perspective 4, no. 1 (2025): 197–209. https://doi.org/10.29329/pedper.2025.86.

Damayanti, Ning T, dan Mita Juliawati. Pemanfaatan Youtube sebagai Sumber Pembelajaran untuk Mahasiswa. 13 (2025): 64–71. https://doi.org/10.35790/eg.v13i1.54311.

Fandi, Bima, Mahbub Humaidi Aziz, Agung Heru, dan Setiadi Muhammad. “Pemanfaatan Media Sosial YouTube dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah.” Teknologi, Jurnal Jtep, Pembelajaran 4 (2024): 25–39. https://doi.org/10.25217/jtep.v4i2.5002.

Fernanda, Ryan, dan Roni Ardiansah. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN.” QuranicEdu 5, no. 10 (2025): 320–41. https://doi.org/10.37252/quranicedu.v5i2.1862.

Fitriani, Yuni. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA.” JISAMAR 5, no. 4 (2021): 1006–13. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609.

Ganjoo, Rohini, Lisa Schwartz, Yousif Barzani, dan Marcia Firmani. “Supplemental Materials for Exploring Instagram To Promote Student Engagement in an Online Didactic Environment.” JOURNAL OF MICROBIOLOGY & BIOLOGY EDUCATION, no. March (2025): 1–15. https://doi.org/10.1128/jmbe.v22i1.2587.

Graefen, Bahar, dan Nadeem Fazal. “European Journal of Education Studies REVOLUTIONIZING EDUCATION THROUGH INSTAGRAM IN THE POST-COVID ERA.” European Journal of Education Studies 10 (2023): 38–50. https://doi.org/10.46827/ejes.v10i8.4900.

Hakim, Abdul. “Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur ’ an dan Hadist.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 3 (2025): 497–504. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1122.

Hidayat, Afif. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Digital.” Journal of cross knowledge 2, no. 1 (2024): 315–22. https://edujavare.com/index.php/IJCK.

Irfan. “PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL :” ilmu ekonomi, pendidikan dan teknik 02 (2025): 110–15.

Isnaini, Zahrah, Agus Supriyono, Shabilla Noor Rachma, Bimbingan Penyuluhan Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, dan Bimbingan Penyuluhan Islam. “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM.” MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 1 (2023): 15–27.

Maharani, Devita Putri, Devi Ayu Yuliani, dan Ahmad Nurrohim. “Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pemanfaatan Teknologi Digital oleh Generasi Z di Era Moderen Integration of Islamic Values in the Use of Digital Technology by Generation Z in the Modern Era.” DIRASAH 2, no. 1 (2025): 93–109. https://litera-academica.com/ojs/dirasah/article/view/101.

Mootalu, Kholid, Imas Baguna, dan Sriwahyuni Asipu. “Journal of Islamic Education.” Tarqiyah 2, no. 1 (2024): 42–56. https://doi.org/10.62504/jimr991.5.

Paramansyah, Arman, Ulfah Sa, Rahmawaty Parman, Tuti Puspitasari, Basuki Wisnu, dan Jeditia Taliak. “Analisis Peran Penggunaan Aplikasi TikTok Edu dan Peran Partisipatif Siswa terhadap Kemampuan Akademik Siswa pada Masa Kurikulum Merdeka.” Edu cendikia 4 (2024): 1772–78. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.

Putri, Andini Febriana, dan Rudi Salam. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 22 Semarang.” Sosiolium, 2024, 20–31. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v6i1.2837.

Qomariah, Rafi’atun Najah. “I’LLAH HADIST; POSISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESHAHIHAN HADIST.” Tarbawi 9, no. 01 (2021): 22–32. https://doi.org/10.62748/tarbawi.v9i01.61.

Ramdani, Acep Dani, dan Nur Ainiyah. “AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Integrasi Nilai-Nilai Hadis Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” AL-AFKAR 8, no. 3 (2025): 674–84. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i3.2311.Integration.

Safliana, Eka. “INTEGRASI NILAI-NILAI HADIS DALAM PENDIDIKAN ERA DIGITAL.” Al-Munadzomah 4 (2025): 49–57. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v4i2.1843.

Simangunsong, Zaid Almubarok, dan Ferizal Ferizal. “Etika Penggunaan Media Social dalam Perspektif Hadis Studi Tentang Privasi dan Tanggung Jawab Social.” Jurnal budi pekerti agama islam 3 (2025): 83–94. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i2.1017.

Subagiya, Bahrum. “Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur : Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis.” Ta’dibuna 12, no. 3 (2023): 304–18. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113.

Zulfikar, Azmi Yudha. “HADIS SEBAGAI SUMBER ETIKA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER.” Pendidikan nusantara 9, no. 1 (2024): 115–28.




DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v13i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

     

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id
 
Lisensi Creative Commons
TARBAWI Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

https://stikesbaptis.ac.id/news/mahasiswa-stikes-baptis-bongkar-formula-rahasia-menang-mahjong-ways-di-tengah-kampus.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/nasib-pengangguran-jawa-barat-berubah-drastis-gara-gara-jackpot-mahjong-ways-2.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/azizah,-pedagang-cimol,-spin-turbo-10x-langsung-dapat-jackpot-fantastis-rp230-juta.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/pendekar-betawi-temukan-kunci-kemenangan-belajar-tips-dan-trik-mahjong-ways.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/cari-ketenangan,-kakek-di-surabaya-viral-main-mahjong-ways-bisa-hidupi-anak-cucu.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/langkah-mudah-menang-di-nono4d-teknik-paku-bumi-ubah-rp25-ribu-jadi-rp35-juta.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/pola-jitu-dari-bandar-petani-jeruk-cuan-maksimal-lewat-mahjong-ways-scatter-hitam.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/meski-ada-kasus-keracunan-mbg-pedagang-kantin-tetap-kejar-jackpot-mahjong-ways.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/penantian-panjang-terbayar-scatter-hitam-mahjong-ways-2-ubah-nasib-pemuda-ntt.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/berapa-modal-buka-warung-klontong-ibu-ini-dapat-rp135-juta-dari-mahjong-ways-modal-rp25-ribu.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/penjual-kopi-keliling-viral-bermain-starlight-princess-modal-rp-10-ribu-cair-rp-200-000-000.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/kurir-paket-viral-bermodal-rp-10-ribu-di-aztec-gems-raup-rp-90-000-000.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/penjual-gorengan-heboh-modal-rp-10-ribu-di-sweet-bonanza-bawa-pulang-rp-75-000-000.html

https://stikesbaptis.ac.id/news/montir-bengkel-viral-cuma-rp-15-ribu-di-gates-of-olympus-jackpot-rp-320-000-000.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/rahasia-jitu-ala-bandar-nono4d-cara-gampang-raup-kemenangan-rp250-juta-lewat-starlight-princess.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/remaja-gabut-raih-kemenangan-black-scatter-di-mahjong-ways-nono4d-bikin-cuan-jackpot-semakin-gampang.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/raih-hoki-tanpa-henti-di-nono4d-menangkan-cuan-rp25-juta-dari-game-gates-of-olympus.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/tukang-cukur-rambut-cuan-nono4d-pgsoft-mahjong-ways-2-player-raup-rp20-juta-sekali-main.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/booming-di-lorong-papan-medan-labuhan-menang-rp129600000-lewat-spin-turbo-pgsoft-nono4d-modal-rp8000.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/bandar-bongkar-pola-jitu-untuk-mendapatkan-jackpot-besar-mahjong-ways-fokus-main-di-nono4d.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/terbukti-strategi-jitu-tiki-taka-player-raih-kemenangan-scatter-hitam-mahjong-wins-3-rp300-juta.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/panen-cuan-gila-modal-50-ribu-meledak-jadi-rp250-juta-di-mahjong-ways-2-saat-rtp-pgsoft-lagi-tembus-958.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip//bang-jalu-gitaris-jalanan-mahjong-wins-3-kasih-cuan-rp345000000-dari-pola-scatter-siang-bolong.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/ketua-ormas-bekasi-tak-sengaja-menang-rp318-juta-scatter-hitam-gacor-rtp-pragmatic-mahjong-wins-3-jadi-kunci.html

qhttps://ejurnal.unsa.ac.id/vip/seorang-duda-di-bandung-raup-rp290-juta-dari-rtp-pragmatic-mahjong-ways-2-hidupnya-langsung-berubah-drastis.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/receh-rp7000-meledak-jadi-rp260000000-seorang-janda-parubaya-di-bekasi-buktikan-gates-of-olympus-lagi-gacor.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/mulai-modal-25RB-gunakan-tekad-dan-instings-ini-untuk-mudah-raih-keuntungan-dan-jackpot-besar-di-mahjong-ways-2.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/mengikuti-pola-rtp-mahjong-ways-scatter-hitam-turun-kemenangan-berulang-kali-dijamin-cuan.html

https://ejurnal.unsa.ac.id/vip/bikin-heboh-warga-kampung-nelayan-labuhan-pulang-dari-laut-bawa-pulang-rp112800000-modal-rp87000-di-rtp-pgsoft-958.html