PEMBERIAN PENGUATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MINIKOM (PRAKOM MINI) PP. MAMBAUL ULUM BATA-BATA

Latifatul Mahbubah, Miftahusurur Assiddiqi, Moh Faiz

Abstract


Abstract

The strengthening or reinforcement is a response to student behavior that can increase the likelihood of that behavior recurring. Verbal reinforcement involves expressions using words of praise, appreciation, approval, and the like, while nonverbal reinforcement includes body language, touch, giving rewards, and similar actions by a teacher. This study aims to understand the forms of teacher reinforcement towards students in the Islamic jurisprudence (fiqh) lesson at MINIKOM (mini practice) of the Mambaul Ulum Bata-bata Islamic Boarding School. The research employs a qualitative research method with a case study approach. The results indicate that the verbal reinforcement components used by teachers in teaching fiqh at MINIKOM of the Mambaul Ulum Bata-bata Islamic Boarding School include declarative, imperative, and interrogative forms, while the nonverbal reinforcement by teachers in fiqh at MINIKOM of the Mambaul Ulum Bata-bata Islamic Boarding School consists of facial expressions, approaching students, and body movements. Keywords: Reinforcement, fiqh learning.

Abstrak
Penguatan atau reinforcement merupakan respon terhadap prilaku siswa yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut. Penguatan verbal adalah ungkapan dengan menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan dan sebagainya sedangkan penguatan nonverbal adalah gerak badan, sentuhan, memberi hadiah dan semacamnya dari seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penguatan guru kepada siswa pada pelajaran fiqih di MINIKOM (prakom mini) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa komponen penguatan verbal guru dalam pembelajaran fiqih di MINIKOM Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata adalah bentuk deklaratif, imperatif, dan introgatif, sedangkan penguatan nonverbal guru dalam fiqih di MINIKOM Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata adalah bentuk facial, mendekati siswa, dan gerak badan.
Kata kunci: Pemberian penguatan, pembelajaran fiqih.


Keywords


Fiqh Learning; Providing Reinforcement.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Imam. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: bumi aksara. 2013.

Kurniati, kurniati, and ervina ervina. “kemampuan guru menggunakan penguatan (Reinforcement) dalam pembelajaran di SMPN kecamatan bengkalis kabupaten bengkalis.” Akademika: jurnal keagamaan dan pendidikan 16.1 (2020).

Ninuk Purnaningsih, Amiruddin Saleh, Ernita Arif, Aida Vitayala S Hubeis Basita Ginting Sugihen. “Strategi Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknodik 18, no. 1 (2014): 34–43. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.109.

Nurcahya, Ade. Hadijah, Hady Siti. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 5, no. 1 (2020): 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana, 2011.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Siregar, veni veronica; suyadi, suryadi; purnama putri, ragil dian. Penerapan humanistic melalui nonverbal riforcement ditinjau dari percaya diri siswa dalam pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 2021.

Sundawi, Sri Ajeng. Pengaruh pemberian penguatan verbal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (penelitian deskriptif kuantitatif dilakukan di kecamatan cibeuying kaler kota bandung). Diss. FKIP UNPAS, 2018.

Thobroni, M. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: ar-ruzz Media. 2017.

Usman, Moh. Uzer.Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2011.

UU Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.




DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v11i02.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id
 
Lisensi Creative Commons
TARBAWI Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .