KREATIFITAS GURU PAI DALAM MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
A teacher's creativity is important for the teaching and learning process to run well. Teacher creativity is also important in achieving student learning outcomes. This research aims to determine teacher creativity in efforts to increase student motivation when learning. This research is a qualitative descriptive research in which data collection was obtained by observation, interviews and documentation. From the results of this research, the author can conclude that teacher creativity in increasing student learning motivation is effective in increasing student motivation, this is proven by the increase in student learning outcomes at the end of the semester by getting grades above the average. Other evidence can be seen from the students' activeness when participating in the teaching and learning process even though there is a lack of school facilities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achadah, Alif, dan Eka Desi Mulyati. “PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 3, no. 2 (30 Agustus 2020): 43–51. https://doi.org/10.30659/jspi.v3i2.15559.
Adriadi, Ade, dan Naf’an Tarihoran. “PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI I CIRUAS – SERANG.” SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman 3, no. 02 (2016): 145–68.
A’la, Rofiqul, dan Muhamad Rifa’i Subhi. “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa.” Madaniyah 6, no. 2 (31 Agustus 2016): 242–59.
Amin, Husnul, Ahmad Arifa’i, dan Muhammad Saiyid Mahadir. “MEMBANGUN KREATIVITAS GURU PAI.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 6, no. 1 (1 Juli 2021): 46–61. https://doi.org/10.48094/raudhah.v6i1.102.
Andrianto, Andrianto, Edriagus Saputra, Novita Yanti, Syamsurizal Syamsurizal, dan Winda Safitri. “Korelasi Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru PAI Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 2 X 11 Enam Lingkung.” Fitrah: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (13 Juli 2021): 37–51. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.54.
Anggraini, Nike. “KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP KECAMATAN TALO KABUPATEN SELUMA” 2, no. 2 (2017).
Assingkily, Muhammad Shaleh. Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media, 2021.
Badrus, Mohamad. “Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam:” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 8, no. 2 (1 Agustus 2018): 143–52. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.706.
Hajar, Munakhiroh El, Zainal Abidin Arief, dan Muhyani. “21 KREATIFITAS GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.” PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, 6 Maret 2018, 186–94.
Halimurosid, Asep. “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION 3, no. 2 (30 Januari 2023): 194–205.
Halimurosid, Asep, Syafe’i.R, dan Fathurrohman.A. “Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI.” TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (13 Juni 2021): 19–34. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.64.
Herawati, Rina, Endin Mujahidin, dan Anung Al Hamat. “HUBUNGAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BOGOR.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8, no. 2 (23 Juli 2019): 235–46. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i2.1507.
Humaidi, Humaidi, dan Moh Sain. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (28 Desember 2020): 146–60. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238.
Iriani, Farida. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (1 September 2019): 168. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164.
Rahim, Abdul. “KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 2, no. 2 (29 September 2022): 77–82. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2717.
Syahrowiyah, Titin. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 10, no. 02 (2 Desember 2016): 1–18.
Syaikhudin, Ahmad. “PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 7, no. 2 (9 Desember 2013): 301–18.
Tabroni, Imam, dan Siti Maryatul Qutbiyah. “STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PLUS AL-HIDAYAH PURWAKARTA.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 1, no. 3 (26 Januari 2022): 353–60. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i3.868.
Tahawali, Masrion, dan Hasrat A. Aimang. “KREATIVITAS GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 4, no. 2 (23 Oktober 2021): 182–89. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.1201.
Tetambe, Ahmad Ghifari, dan Dirman Dirman. “KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 7, no. 1 (31 Juli 2021): 80–100. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2920.
Untari. “Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19.” Buana Pendidikan 04, no. 01 (13 Juli 2022): 17.
Wafiroh, Umi Lailatul, Muhtar Arifin, dan Hidayatus Sholihah. “Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, no. 0 (17 Desember 2021). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8273.
Zabidi, Ahmad. “KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SD SEKECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG.” INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam) 3, no. 2 (11 Januari 2020): 128–44. https://doi.org/10.61689/inspirasi.v3i2.134.
Zuliawati, Nurul. “Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Sekecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri.” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 1, no. 1 (28 Juni 2016): 23. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i1.34.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v9i02.64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .