MANAJEMEN PEMBELAJARAN ILMU ALAT (NAHWU SHOROF) (STUDI KASUS PADA MADRASAH DINIYAH TAKHASSUS DARUSSALAM MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN)

Adi Ansari, Mukhroji Mukhroji

Abstract


Abstract

This research is motivated by the weak ability of students to read the yellow book at Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam Martapura. The research approach used is a qualitative approach, with a descriptive method. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The main research subjects are Qism Tarbiyah and teachers of instrumental sciences. Data analysis techniques involve data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are as follows: (1) Planning the learning process at Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam is structured and logical, (2) the teaching process of instrumental sciences at Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam is good, (3) in assessment, the process and results of teaching instrumental sciences at Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam often do not meet the targets, and (4) in follow-up actions, there are two policies taken for the process and results of teaching instrumental sciences at Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam, namely directives and reprimands.

Keyword: Learning Management; Ilmu Alat; Nahwu dan Sharaf;

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena lemahnya kemampuan para santri dalam membaca kitab kuning pada Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam Martapura. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian utama adalah Qism Tarbiyah dan guru pengajar ilmu alat. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitan ini adalah (1) Perencanaan (plan) proses pembelajaran Pada Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam sudah terstruktur dan logis (2) proses pembelajaran ilmu alat baik di Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam sudah bagus, (3) Dalam penilaian (check) proses dan hasil pembelajaran ilmu alat di Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam seringkali tidak mencapai target, , dan (4) Dalam tindak lanjut (act) proses dan hasil pembelajaran ilmu alat di Madrasah Diniyah Takhassus Darussalam ada dua kebijakan yang diambil, yaitu; himbauan dan teguran,.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran; Ilmu Alat; Nahwu dan Sharaf;


Keywords


Learning Management; Ilmu Alat; Nahwu dan Sharaf;

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, Bandung: CV. Pusaka Cendekia Utama. 2012.

al-Ahdal, Muhammad Abdul Bari: al-Kawakib al-Durriyyah. Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqafiyyah, 1410/ 1990.

Aspranawa, Anang Dwi Putransu, “Memahami Quality Anssurance Menjadikan Budaya Mutu Perguruan Tinggi”, dalam AN-NISBAH, Vol. 01, No. 02, April 2015.

al-Dimasyqi, Al Hafidz Ibnu Katsir: Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim. Juz 2, Beirut: Dar al-Fikr, 1426/ 2005.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Ferils, Muhammad dan Syafaruddin, “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju, dalam Competitiveness, Vol. 9, Nomor 1 | Januari – Juni, 2020.

al-Ghalayaini, Syekh Musthafa, Jaami’ al Durus al ‘Arabiyyah. Vol. 1, Beirut: Dar al Kutub al ‘Ilmiyyah, 1427 H/ 2006 M.

Harman, Sentot, “Fungsi Pengawasan Dalam Penyelenggaraan Manajemen Korporasi” dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 2 Nomor 1, edisi 1 Maret 2012.

Herdiansyah, Haris, Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Idrus, Muhammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Yogyakarta: PT. Gelora Akasara Pratama, 2009.

Izzuddin, Akhmad, Penjaminan Mutu di Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Islam Terpadu Al-Uswah Pasirian, Malang: Program Magister Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah, .2018.

Kambey, Daniel C., Manajemen Kualitas Total dalam Pendidikan (Terjemahan Buku Total Quality Management, Edward & Sallis), Manado: Pascasarjana Universitas Negeri Manado, 2004.

Mahmud, Marzuki, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Majid, Nurcholis, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

Ma’luf, Louise, Al-Munjid fi al Lughah wa al A’lam.Beirut: Dar al Masyriq, 2011.

Makbullo, Deden, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Gra6ndo Persada, 2011.

Marno, Islam by Management and Leadership: Tinjauan Teoritis dan Empiris Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Lintas Pustaka, 2014.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Mujamil, Qomar, Pesantren dari Transformasi Metode Menuju Demokrasi Instuisi, Jakarta: Erlangga, 2002.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja ROSDA Karya, 2000.

al-Muqri’, Abu Thohir: Akhbar al-Nahwiyyin. Thantha: Dar al-Shahabah Li al-Turast, 1410/ 1989.

Oakland, J.S. Total Quality Management: The Route to Improving Performance, London: Butterworth-Heinemann Ltd, 1995.

Primadha, Rina, “Peranan Fungsi Manajemen Dalam Menciptakan Kondisi Perusahaan Yang Sehat” dalam Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 1 Nomor 3, edisi 2 Mei 2013.

Purnomo, Hadi, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren, Yogyakarta: Bilndung Pustaka Utama, 2017.

Sriwidadi, Teguh, “Manajemen Mutu Terpadu,” dalam Jurnal The WInnERS , Vol. 2, No 2, September 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sulaiman, Ahmad & Udik Budi Wibowo, Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Gadjah Mada, dalam Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 4, No 1, April 2016.

Sumiati, Manajemen Penjamin Mutu Pada Standar Proses Pendidikan: Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Kepahiang, Bengkulu: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu, 2013.

Syukur, Fatah, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012.

Terry, George R, Asas-Asas Manajemen, Cetakan ke 5, Bandung: PT Alumni, 2006.

Rahmawati, Ulfah, Pesantren: Lembaga Pendidikan Berbasis Masyarakat (Tinjauan Pasal 1 Ayat 4 Pp Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama

Dan Pendidikan Keagamaan), dalam Jurnal Penelitian, Vol. 11, No. 2, Agustus 2017.

Rosidin, Asep, Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah: Studi Kasus Analisis Pemetaan dan Perencanaan Peningkatan Mutu Internal Sekolah di Darul Hikam International School, Jakarta: Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia, 2017.

Sanjaya, W., Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Shafwan, Muhammad Hambal, Inti Sari Sejarah Pendidkan Islam, Solo: Pustaka Arafah, 2014.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad & Muhammad al-Sayyid Manna’: Tadrīs al-Arabiyyah fi al-Ta’lim al-‘Am; Nazhariyyah wa Tajārib. Cet. 1. Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000.

Tim Redaksi: Syekh Muhammad Kasyful Anwar, dalam Media Santri Darussalam Edisi No. 06 Dzul Qaidah 1429/ Nopember 2008.

Tim Peneliti, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Wijono, Djoko, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Vol. 1, Surabaya: Airlangga University Press, 2000.

Yaqin, Husnul, Sistem Pendidikan Pesantren di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

Ya’qub, Emil Badi’, Maushu’ah al Nahw wa al Sharf wa al I’rab, Sarang: Al Maktabah al Anwariyah, t.th




DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i01.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id
 
Lisensi Creative Commons
TARBAWI Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .