METODE PENELITIAN ANALISIS KESALAHAN DALAM PRESFEKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Muhammad Furqan Annajmie, Rafi'atun Najah Qomariah, Muhammad Ridho

Abstract


ABSTRACT

This study aims to provide a detailed description of error analysis research and its use in several previous studies. In this article, the researcher employs a qualitative descriptive method using a literature review (Library Research). The research results indicate that linguistic errors encompass morphological, syntactic, lexicosemantic, phonological, and graphological errors, as well as errors in comparative categories, communication effects, and others. Each of these error categories requires a different analytical approach. The steps of error analysis include data collection, error identification, error description, error explanation, and error classification.

Keywords: Research Methods in Language; Error Analysis; Arabic Language Learning;

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail tentang penelitian analisis kesalahan dan penggunaannya di beberapa penelitian terdahulu. Pada artikel ini Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka (Library Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk kesalahan berbahasa termasuk kesalahan morfologis, sintaksis, leksiko-semantik, fonologis, dan grafologis, serta kesalahan dalam kategori komparatif, efek komunikasi, dan lain-lain. Setiap kategori kesalahan ini membutuhkan pendekatan analisis yang berbeda-beda. Langkah-langkah analisis kesalahan meliputi pengumpulan data, identifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, penjelasan kesalahan, dan klasifikasi kesalahan.

Kata Kunci: Metode Penelitian Bahasa; Analisis Kesalahan; Pembelajaran Bahasa Arab;


Keywords


Metode Penelitian Bahasa; Analisis Kesalahan; Pembelajaran Bahasa Arab;

Full Text:

PDF

References


Corder, S. P. (1975). Error analysis, interlanguage and second language acquisition. Language teaching, 8(4), 201–218.

Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications.

Ellis, R. (1989). Understanding second language acquisition (Vol. 31). Oxford university press Oxford.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

George, H. V. (1972). Common Errors in Language Learning: Insights from English.

guntur alting, muh. (2015). Asas-asas Multiple Researches | Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Tiara Wacana. //opac.uin-antasari.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D30204%26keyw

ords%3D

Hidayat, N. S. (2014). Analisis Kesalahan dan Konstrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kutubkhanah, 17(2), 160–174.

Hidayat, N. S. (2015). ANALISIS KESALAHAN DAN KONSTRASTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Kutubkhanah, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i2.815

Iwan, F. (2019). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5 B Sd Al-Irsyad Al-Islamiyyah Semarang. Skripsi UIN Walisongo, 35.

Jassem, J. A. (2000). Study on second language learners of Arabic: An error analysis approach. AS Noordeen Kuala Lumpur, Malaysia.

KUMALA, U. Y. N. (2021). ANALISIS KESALAHAN MENULIS BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN IMLASISWI KELAS 1-E ULYA MADRASAH DINIYAH AL-AMIRIYYAH TAHUN AJARAN 2020/2021. INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI.

Lado, R. (1957). Linguistics across cultures; applied linguistics for language teachers.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Nurhadi, T. B. P., & Pd, M. (1995). Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press, tt.

Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186

Parera, J. D. (1991). Kajian Linguistik Umum. Historis Komparatif dan tifologi structural.

Parera, J. D. (1997). Linguistik edukasional: Metadologi pembelajaran bahasa analisis kontrastif antarabangsa analisis kesalahan berbahasa. Penerbit Erlangga.

Partanto, P. A., & Al Barry, M. D. (1994). Kamus ilmiah populer. Surabaya: Arkola, 37, 23.

Qomariah, R. N., Hussein, S. A., & Mubarak, F. (2018). BINYAH AL-KALIMÂT FÎ AL-LUGHATAIN AL-’ARABIYYAH WA AL-INDÛNÎSIYYAH WA WAZHÎFATUHÂ FÎ TA’LÎM AL-LUGHAH AL-’ARABIYYAH. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7267

Richards, J., Platt, J., Weber, H., Inman, P., & Inman, P. (1986). Longman dictionary of applied linguistics. RELC Journal, 17(2), 105–110.

Saadah, F. (2016). Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran bahasa asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1).

Selviana, Y. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 2(1), 68–91. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v2i1.671

Subyakto-Nababan, S. U., & Budiyanto, P. (1993). Metodologi pengajaran bahasa. (No Title).

Tarigan, H. G. (1993). Strategi pengajaran dan pembelajaran bahasa. Angkasa.

Utami, N. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Siswi MTS Multilingual Kelas VIII Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FASAHAH
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: fasahah.stitdarulhijrah@gmail.com
 
 
Lisensi Creative Commons
FASAHAH Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .