تطبيق تقنية تحديد الحروف في تعليم مهارة الاستماع لدى الطلبة في الصف الرابع بمدرسة التاسعة الإبتدائية الإسلامية الحكومية بنجر

Nofal Nofal, Muhammad Jailani, Mahridawati Mahridawati

Abstract


ABSTRACT

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana penerapan teknik identifikasi huruf dalam Pembelajaran Maharah Istima’ terhadap siswa kelas empat di Sekolah Dasar Islam Negeri Sembilan Banjar, Kalimantan Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode analisis data yang meliputi: a) pengumpulan data, b) penyajian data, c) pengklasifikasian data, dan d) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik identifikasi huruf dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Bunyi huruf-huruf Arab. Melalui pemahaman terhadap bentuk visual dan bunyi setiap huruf, latihan mendengarkan yang intensif, serta penggunaan sumber belajar yang beragam, Siswa dapat mengembangkan keterampilan mendengarkan mereka secara efektif dan dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam memahami percakapan dan bahan bacaan dalam bahasa Arab.

 

Keyword: Identifikasi Huruf; Maharah Istima’; Pembelajaran Bahasa Arab;

 

مستلخص البحث

الهدف في هذا البحث لكشف كيفية تطبيق تقنية تحديد الحروف في تعليم مهارة الاستماع لدى الطلبة في الصف الرابع بمدرسة التاسعة الإبتدائية الإسلامية الحكومية بنجر. منهح البحث المستخدم في هذا البحث هي البحث الكيفي مع المنهج الوصفي مع أسلوب تحليل البيانات أ) جمع البيانات، ب) عرض البيانات، ج) تصنيف البيانات، د) الاستنتاج ،  وأظهرت نتائج البحث أن استخدام تقنية تحديد الحروف يمكن أن يسهم في تعزيز قدرة الطلاب على فهم أصوات الحروف العربية. من خلال فهم الشكل البصري والصوت لكل حرف، والتدريب على الاستماع، واستخدام مصادر تعلم متنوعة، يمكن للفرد تطوير مهاراته في مهارة الاستماع بفعالية وبثقة أكبر في فهم المحادثات والقراءات باللغة العربية.

Keywords


Identifikasi Huruf; Maharah Istima’; Pembelajaran Bahasa Arab;

Full Text:

PDF

References


Abi Al Fadhl Jamaluddin Muhammad Bin Makarim Ibn Mandhur. 1990. Lisanul ’Arab. 4 Ed. Beirut: Dar Sader.

Admin, Admin, Dan Noor Amirudin. 2017. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, November, 1–12. Https://Doi.Org/10.30587/Tamaddun.V0i0.66.

Ahmad, Ahmad, Dan Muslimah Muslimah. 2021. “Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif.” Dalam Proceedings Of Palangka Raya International And National Conference On Islamic Studies (PINCIS). Vol. 1.

Amrina, Adam Mudinillah, Dan Durrotul Hikmah. 2022. “PEMANFAATAN APLIKASI AUDACITY DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ KELAS X MAN 1 SOLOK.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 15 (1): 1–8. Https://Doi.Org/10.24114/Jtp.V15i1.28962.

Fathoni, Muhamad. 2018. “PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’.” Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1 (1): 199–218. Https://Doi.Org/10.36668/Jih.V1i1.162.

Hamidah, Hamidah, Dan Marsiah Marsiah. 2020. “Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8 (2): 147–60. Https://Doi.Org/10.23971/Altarib.V8i2.2282.

Handayani, Sri, Dan Syafi’i. 2022. “Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3 (2): 104–15. Https://Doi.Org/10.30997/Tjpba.V3i2.6138.

Henry Guntur, Tarigan. 2013. Menyimak : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hestiyana. 2010. BUKU BAHASA PRAKTIS UNTUK PENGAJARAN BAHASA BANJAR. Banjarmasin: Balai Bahasa Banjarmasin.

Hidayat, Nandang Sarip. 2012. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” An-Nida’ 37 (1): 82–88. Https://Doi.Org/10.24014/An-Nida.V37i1.315.

Ibrahim. 2018. Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarmailmu.

Kalsum, Ummi, Dan Muhammad Taufiq. 2023. “Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X.” Journal Of Education Research 4 (3): 1251–58. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V4i3.314.

Kosbandono, Erryk. 2016. “ESESMEN DAN EVALUASI UNTUK MAHARAH ISTIMA’.” Arabia 7 (2). Https://Doi.Org/10.21043/Arabia.V5i1.1390.

Laily, Fatiya Nurul, Dan Sitti Maesurah. 2021. “STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN SISWA TPQ ATAS PELAFALAN MAKHORIJUL HURUF DAN ILMU TAJWID DI DESA BAURENO, JATIREJO, MOJOKERTO.” Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan 7 (2): 12–26. Https://Doi.Org/10.35673/Ajdsk.V7i2.2365.

Mufidah, Nuril, Irtahat Isyaty, Nur Kholis, Dan Saidna Zulfiqar Bin Tahir. 2019. “ICT FOR ARABIC LEARNING: A BLENDED LEARNING IN ISTIMA’ II.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 8 (2): 314–23. Https://Doi.Org/10.22373/Ls.V8i2.4561.

Nasution, Ahmad Sayuti. 2010. BUNYI BAHASA. Jombang: Amzah.

Purnamasari, Endang. 2022. Belajar Mudah Makhraj Dan Sifat Huruf Hijaiyah. Lomboktengah: Pusat Pengembangan Dan Penelitian.

Rijali, Ahmad. 2018. “ANALISIS DATA KUALITATIF.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81–95. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V17i33.2374.

Rohman, Fathur. 2014. “STRATEGI PENGELOLAAN KOMPONEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1 (1): 63–78. Https://Doi.Org/10.15408/A.V1i1.1131.

Sholihin, Muhammad Nur. 2020. “Peran Ilmu Al-Ashwat Dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (Kajianteoritik Linguistik Terapan).” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 3 (2): 110–27. Https://Doi.Org/10.54396/Saliha.V3i2.85.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1): 2896–2910. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i1.6187.

Wulandari, Nawang. 2020. “Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 3 (01): 71–84. Https://Doi.Org/10.32332/Al-Fathin.V3i01.2089.

Yusuf, Tayar, Dan Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zein, Muh. 2016. “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN.” Inspiratif Pendidikan 5 (2): 274–85. Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V5i2.3480.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FASAHAH
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: fasahah.stitdarulhijrah@gmail.com
 
 
Lisensi Creative Commons
FASAHAH Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .