ANALISIS VERBAL INTERACTION CATEGORIES (VICS) SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH ASSUNNIYAH TAMBARANGAN

Radiatun Nazwa, Nor Amalia Abdiah

Abstract


ABSTRAK

 

Pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa secara efektif. Namun, pada kenyataannya, masih banyak guru yang mendominasi proses belajar dengan metode ceramah dan pendekatan tradisional, seperti yang ditemukan di MA Assunniyah Tambarangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi verbal antara guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan Verbal Interaction Categories System (VICS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik observasi dan wawancara untuk memperoleh data interaksi verbal di kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi verbal selama pembelajaran didominasi oleh guru, dengan keterlibatan siswa yang rendah. Pola ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti metode ceramah yang digunakan guru, budaya pesantren salafiyah yang menekankan adab kepada guru, serta rendahnya rasa percaya diri siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pola komunikasi satu arah masih mendominasi pembelajaran bahasa Arab, sehingga menghambat perkembangan keterampilan berbahasa siswa secara aktif. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan interaktif dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan partisipasi siswa dan efektivitas pembelajaran.

Kata kunciPembelajaran bahasa arab, interaksi verbal, sistem pengkodean VICS


ABSTRACT

 

Arabic language learning plays a vital role in developing students’ effective communication skills. However, in practice, many teachers still dominate the learning process through lecture-based and traditional methods, as observed at MA Assunniyah Tambarangan. This study aims to analyze the verbal interaction patterns between teachers and students in Arabic language learning using the Verbal Interaction Categories System (VICS). A descriptive-analytical method was employed, using observation and interviews to gather data on classroom interactions in grade XII. The findings reveal that classroom communication is largely teacher-centered, with limited student involvement. Several factors contribute to this pattern, including the use of lecture methods, the influence of salafiyah pesantren culture emphasizing respect toward teachers, and students' low self-confidence. This dominance of one-way communication hinders the development of students’ active language skills. Therefore, this research highlights the need for a more interactive teaching approach in Arabic language instruction to enhance student engagement and learning outcomes.

Keywords: Arabic language learning, verbal interaction, VICS.

Keywords


Arabic language learning, verbal interaction, VICS.

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. M. (1993). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.

Amidon, E. J. (1967). The role of the teacher in the classroom: A manual for understanding and improving classroom interaction. Minneapolis: University of Minnesota Press.

Arief, A. :. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss.

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bruinessen, M. v. ((1999)). Kitab kuning, pesantren, dan tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Dewi, G. A. (2021). Analisis interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan Flanders Interaction Analysis Categories (FIAC) di SDN 1 Nawa Kerti. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dhofier, Z. (1982.). Tradisi Pesantren. Pandangan Hidup Kiai Dan Visinya Mengenal Masa Depan Indonesia. . Jakarta: LP3ES.

Flanders, N. A. (1970). Analyzing teacher behavior. Addison: Wesley Publishing Company.

Fredricks, J. A. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence . Review of Educational Research, 74(1) https://doi.org/10.3102/00346543074001059, 59–109.

Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The theory in practice. New York: Basic Books.

Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). -: Teachers College Press.

Jackson, P. W. (1968). Life in Classrooms. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Krashen, S. D. (1982). Principles and practice in second language acquisition. Oxford: Pergamon.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

MacIntyre, P. D. (1991). Methods and results in the study of anxiety and language learning: A review of the literature. Language Learning., 41 (1), 85–117 https://doi.org/10.1111/j.1467-1770.1991.tb00677.x.

Maftukhin, A. (2021). Kitab kuning dan pembentukan karakter santri di pesantren salafiyah. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 8(2), https://doi.org/10.15408/a.v8i2.20214, 105–120. .

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. . Psychological Review. 50(4) https://doi.org/10.1037/h0054346, 370–396.

Mehrabian, A. (1972 ). Nonverbal communication. Chicago: Aldine-Atherton.

Narvaez, D. ,. ((2006).). Integrative Ethical Education. In M. Killen & J. Smetana (Eds.) Handbook of Moral Development (pp. 703–733). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Nazwa, R. (2018). تحليل نظام فنات التفاعل الفظي الإسلاميه برااباي. Banjarmasin: https://idr.uin-antasari.ac.id/17517/.

Nugroho, H. A. (2020). Pendidikan pesantren dalam tantangan abad 21: Antara nilai tradisi dan inovasi pedagogi. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 100–115.

Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi . In Nuriani, Strategi Belajar Mengajar Biologi (p. 5). Malang: UM PRESS.

Richards, J. C. (2014). Approaches and methods in language teaching (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Rogers, C. R. (1969). Freedom to Learn. Columbus, OH: Charles E. Merrill.

Rosidi, A. &. (2021). Transformasi pembelajaran di pesantren dalam menghadapi era digital. Tarbawi Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(1) https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i1.4211, 45–58.

Swain, M. (1985). Communicative competence: Some roles of comprehensible input and comprehensible output in its development. In S. Gass & C. Madden (Eds.), Input in Second Language Acquisition. Rowley, MA: Newbury House.

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: MA: Harvard University Press.

Zarkasyi, A. M. (2005). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Gontor, Ponorogo: ISID Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

   

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FASAHAH
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: fasahah.stitdarulhijrah@gmail.com
 
 
Lisensi Creative Commons
FASAHAH Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .