ROLE MODEL SEBAGAI PEMBELAJARAN EFEKTIF PENGAJARAN AGAMA PADA ANAK BERBASIS KOMUNIKASI PENDIDIKAN DI SDN KARIAS 2 BANJANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk role model (keteladanan) dan skill komunikasi pendidikan yang harus dimiliki Guru SDN Karias 2 Banjang, supaya pengajaran agama bisa dilaksanakan sesuai target pembelajaran efektif melalui praktik langsung dari gurunya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk role model Guru SDN Karias 2 Banjang yaitu disiplin dalam mengajak dan mengajarkan siswa dalam qiraatil quran, mencontohkan kepada siswa untuk shalat zuhur tepat waktu. konsisten dalam membimbing siswa yang tidak atau kurang paham dalam pelaksanaan agama. Sedangkan skill komunikasi pendidikan yang harus dimiliki Guru SDN Karias 2 Banjang, yaitu kemampuan guru dalam menjelaskan materi ajar yang mudah dipahami siswa, kemampuan guru dalam memahami perbedaan individual siswa, kemampuan guru untuk problem solving (kemampuan menyelesaikan masalah dengan keputusan yang tepat) belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2), 64-81.
Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (4th ed.). Rajawali Pers.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Hamzah B. Uno dan Mohammad Nurdin, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012),
Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01).
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., dan Budiarso, I. (2022, January). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1)
Haris Herdiansyah, Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif (Jakarta: Rajawali Press, 2013), 104
Ira Sulthona Zakiya, “Implementasi Metode Praktek dalam Mengingkatkan Keterampilan Tata Cara Sholat Khusyuk Kelas VII di SMP Ma’arif Banyuwangi, Skripsi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, (Malang: 2021), h. 20
Islam, P. P. (2016). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).
Karso, K. (2019, February). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG.
M.Sobry Sutikno, Pembelajaran Efektif, (Mataram: NTP Press, 2005)
Mardiana, M., Rahmah, M. N., & Saputra, D. (2023). Komunikasi Efektif Orangtua dan Guru dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Akibat Penggunaan Gadget pada Siswa MTsS Diniyah Barabai. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(4), 2503-2516
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Jakarta: Rajawali Press, 2011), 114.
Naway, Fory Armin. 2017. Komunikasi Dan Organisasi Pendidikan. Gorontalo: Ideas Publishing.
POHAN, Desi Damayani; FITRIA, Ulfi Sayyidatul. Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2021, 32.
Hasmiza, H., Anasri, A., Arif, M., & Haris, A. (2023). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MODEL PENDIDIKAN “RASULULLAH SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIK”. Research and Development Journal of Education, 9(1), 27-33.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95
Simanjuntak, W. (2019). Interaksi Komunikasi dalam Pembelajaran. Melalui:
SULFITRI, Husain. Pentingnya Komunikasi. 2021
WISMAN, Yossita. Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 2017, 3.
Taufik, A. (2020). Interaksi komunikasi dalam pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 123-132.
Huda, S. N., & Afrina, F. Rasulullah Sebagai Role Model Bagi Pendidik. Fitrah: Jurna Of Islamic Education, 1.
Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).
Nisa, H. (2016). Komunikasi yang efektif dalam pendidikan karakter. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(01), 49-63.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90.
Sahabuddin, C. (2016). Hubungan komunikasi belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah menengah kejuruan negeri I Kabupaten Majene. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 17-30.
Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25-35.
Iswari, F. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(1), 35-43.
Yazid, I., Azizah, S. M., & Wahyuni, F. (2023). Peningkatan Pembelajaran Fiqh Dengan Metode Demonstrasi. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 3(2), 55-61.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i2.122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .