Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar dengan Metode Story Telling Di Kecamatan Lampihong
Abstract
Keterampilan berbicara termasuk keterampilan yang tidak mudah dan sederhana, baik untuk guru atau untuk siswa.Ada beberapa kesulitan dalam pengajaran dan pembelajaran berbicara.Berdasarkan pengalaman dan pengamatan pada penelitian terdahulu dalam kegiatan kelas, peneliti menemukan beberapa masalah.Di antaranya adalah siswa merasa takut dan gugup ketika mereka ingin berbicara atau berkomunikasi di depan teman sekelas mereka. Selain itu, para siswa tidak memiliki ide atau inisiatif untuk berbicara kecuali jika dia bertanya kepada mereka, atau ketika mereka memiliki ide, mereka tidak tahu bagaimana mengekspresikan ide. Itu karena kurangan kosakata, kurangnya pemahaman pola gramatikal, dan kurangnya latihan berbicara.penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah storytelling memberikan pengaruh positif terhadap kreativitas dan kemampuanberbicara pada anak sekolah dasar di Kecamatan Lampihong. peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode eksperimental, metode ini dipilih untuk menguji hipotesis yang diberikan, penelitian ini melibatkan dua kelompok; kelompok pertama akan menjadi kelompok kontrol dan kelompok kedua akan menjadi kelompok eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan hasil analisa kuantitatif, maka diketahui bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara pada anak yang awalnya nilai mean 377,15 dan SD 34,459 pada kelompok eksperimen menjadi mean 446,45 dan SD 45,367. Begitupun pada kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan juga mengalami peningkatan namun tidak setinggi hasil yang dicapai oleh kelompok eksperimen. Media storytelling atau bercerita cukup efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa dengan tingkat signifikan p 0,000 yang berarti sangat signifikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v7i02.2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TARBAWI
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: tarbawi@stitdarulhijrahmtp.ac.id

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .