PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN STRATEGI BELAJAR PADA REMAJA AWAL DAN AKHIR
Abstract
Abstract
The role of digital technology in improving learning strategies of early adolescents (12–15 years old) and late adolescents (16–18 years old) is the subject of this study. Data were analyzed descriptively qualitatively into three main themes: the contribution of technology to the learning process, challenges with digital distractions and literacy, and solutions to optimize the use of technology. This literature review includes national journals published from 2019 to 2024. The results show that early adolescents prefer visual-interactive learning, such as YouTube Edu and Kahoot! While late adolescents prefer independent learning using e-books, Google Classroom, Scholar, and other online course platforms. Gamification, integrated information systems, regular teacher training, and blended learning have been shown to improve student learning and achievement. However, the active role of teachers and parents in mentoring is very important because social media distractions and limited digital literacy are still major problems.
Keyword: digital technology; learning strategies; digital literacy
Abstrak
Peran teknologi digital dalam meningkatkan strategi belajar remaja awal (12–15 tahun) dan remaja akhir (16–18 tahun) adalah subjek penelitian ini. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif ke dalam tiga tema utama: kontribusi teknologi dalam proses belajar, tantangan dengan distraksi digital, dan solusi untuk optimalisasi penggunaan teknologi. Kajian pustaka ini mencakup jurnal nasional yang diterbitkan dari 2019 hingga 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa remaja awal lebih suka pembelajaran visual-interaktif, seperti YouTube Edu dan Kahoot. Sementara remaja akhir lebih suka belajar mandiri dengan menggunakan e-book, Google Classroom, Scholar, dan platform kursus online lainnya. Gamifikasi, sistem informasi terintegrasi, pelatihan guru rutin, dan blended learning telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan prestasi siswa. Namun, peran aktif guru dan orang tua dalam pendampingan sangat penting karena distraksi media sosial dan keterbatasan literasi digital masih menjadi masalah utama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alghamdi, Amani K H, Imam Abdulrahman, dan Saudi Arabia. “Current Issues Distance education in higher education in Saudi Arabia in the post-.” World Journal on Educational Technology: Current Issues 13, no. 3 (2021): 485–501.
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, dan Ibrahim Arifin. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1 (2023): 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431.
Apdillah, Dicky, Rusti Br Zebua, Muhammad Idham, dan Ibnu Anhar. “TEKNOLOGI DIGITAL DI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT.” Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir 8, no. 2 (20 Agustus 2022): 101–7. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.247.
Arianto, Bambang. “Metoda Riset Content Analysis Pendekatan Teori dan Praktik.” Borneo Novelty Publishing, 1 Januari 2025. https://doi.org/10.70310/AKJDH833.
Azis, Taufiq Nur. “Strategi pembelajaran era digital.” Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019) 1, no. 2 (2019): 308–18.
Berutu, Timoty Agustian, Dina Lorena Rea Sigalingging, Gaby Kasih Valentine Simanjuntak, dan Friska Siburian. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Perkembangan Bisnis Modern.” Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi 2, no. 3 (22 Juli 2024): 358–70. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258.
Fitrialis, Roza, Dea Elsani, Tika Rahmadani, Nayla Riska Vania, Muhammadiyah Riau, Muhammadiyah Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, dkk. “Dampak Negatif Media Sosial Terhadap Remaja” 3, no. 2 (2024).
Graham, Charles R. “BLENDED LEARNING SYSTEMS.” Guangxue Jishu/Optical Technique 30, no. 6 (2021): 717.
Hasanah, Fuji Widi Jannatun. “Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian korelasi di MI Aisyah.” Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2024. https://digilib.uinsgd.ac.id/103149/.
Jalaluddin. “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA” 2, no. 1 (2024): 5–24.
Jayantika, I Gusti Agung Trisna, dan Gaudensia Namur. “Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika.” Indonesian Journal of Educational Development 3, no. 2 (2022): 285. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331.
Jibril, Mohammed. “EFFECT OF DIGITAL LEARNING STRATEGIES ON STUDENTS ’ ACADEMIC PERFORMANCE AND RETENTION OF SELECTED” 22, no. 1 (2024): 36–56.
Kurniasari, Wening, Murtono Murtono, dan Deka Setiawan. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 1 (2021): 141–48. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891.
Maya ulfa, Chanifudin. “PENGARUH METODE KETELADANAN GURU AKIDAH AKHLAK” 12, no. 02 (2024): 35–50.
Namiri, Zaiyad, Universitas Islam, Negeri Raden, Intan Lampung, Siti Patimah, Universitas Islam, Negeri Raden, dkk. “Optimalisasi Penggunaan Teknologi Digital Dalam.” AT-TAJDID, no. 07 (2023).
Nurhikmah;, Dedy Aswan, Baso N Asrul Bena, dan Abdul Malik Ramli. “Pelatihan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Sekolah Menegah Atas.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2023): 146–55.
Oktavia, Rita. “Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (Sma) Kecamatan Kuala Nagan Raya.” Bionatural VII, no. 2 (2021): 26–34.
Peter, Ramot. “Peran Orangtua dalam Krisis Remaja.” Humaniora 6, no. 4 (2015): 453. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3374.
Prensky, Marc. “Digital Natives, Digital Immigrants.” From Digital Natives to Digital Wisdom: Hopeful Essays for 21st Century Learning, 2014, 67–85. https://doi.org/10.4135/9781483387765.n6.
Purnomo, Agus, Maria Kanusta, S. Ag Fitriyah, Muhammad Guntur, Rabiatul Adawiyah Siregar, Supardi Ritonga, Sri Ilham
Nasution, S. Sos, Siti Maulidah, dan S. PdI. Pengantar Model Pembelajaran. Vol. 1. RUNI FAZALANI, 2022. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4363702099059442989&hl=en&oi=scholarr.
Resti, Resti, Rizka Annisa Wati, Salamun Ma’Arif, dan Syarifuddin Syarifuddin. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar.” Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya 8, no. 3 (2024): 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563.
Rizki, Melinda Yusri, Trisna Rukhmana, Al Ikhlas, Iriana Bakti, Bambang Libriantono, dan Muhammad Aqshel Revinzky. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KONSENTRASI DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA.” EDU RESEARCH 6, no. 1 (31 Maret 2025): 2242–49. https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.755.
Said, Sitaman. “PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21.” Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi 6, no. 2 (18 Juni 2023): 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300.
Sakti, Abdul. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik 2, no. 2 (24 Mei 2023): 212–19. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025.
Siti Nurkamilah, Diah Ika Putri Rifaatul Muthmainnah. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN KAWASAN PENGEMBANGAN DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 2507, no. February (2020): 1–9.
Susilo, Agus, Yohana Satinem, dan Sarkowi Sarkowi. “ANALISIS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER LITERASI GENERASI Z DI ERA DIGITAL.” TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial 3, no. 02 (6 Oktober 2024): 130–38. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i2.32368.
Turnip, Ricardo Sisco. “PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN PELAJAR: PENGENALAN DAN PRAKTIK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Abstrak.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 2302–10.
Wahyuni, Sri, Yesi Novitasari, Suharni Suharni, dan Reswita Reswita. “The Effect of Digital Literacy-Based Learning on Student Motivation and Socialization Ability.” Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan 9, no. 2 (2023): 88. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i2.13454.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v13i01.245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .